nstalasi web server XAMPP

Xampp adalah sebuah freeware yang didalamnya sudah terdapat program php, apache dan mysql. Jadi kita tidak perlu repot untuk melakukan intalasi ketiga program tersebut sendiri-sendiri. Hal ini tentu saja sangat memudahkan kita.
Download Xampp
Software ini bisa di download di http://apachefriends.org/en/xampp.html , ada beberapa pilihan Xampp untuk berbagai sistem operasi. Saya memilih untuk OS Windows. Kemudian download Xampp (saat tulisan ini dibuat sudah versi 1.6.4) pilih installer, besar file 34 MB, kemudian simpan ke dalam komputer.
Instalasi
  1. Double klik pada file installer yangsudah di download
  2. Ikuti instruksi yang tertera dihalaman selanjutnya, untuk instalasi standar tidak perlu melakukan perubahan apapun, tinggal lanjutkan saja dengan klik next.
  3. Pada pilihan SERVICE SECTION beri tanda cek pada pilihan Apache dan MySQL as service.
  4. Klik tombol install.
  5. Instalasi akan berjalan dalam beberapa menit. Jika sudah selesai klikFinish.
Testing Localhost
  1. Setelah instalasi selesai, selanjutnya adalah melakukan testing localhost
  2. Aktifkan modul Apache, klik tombol star pada Apache hingga muncul “Running”
  3. Buka browser yang biasa digunakan kemudian ketik pada address bar: http://localhost, lalu tekan enter
  4. Browser akan masuk ke halaman http://localhost/xampp/splash.php
  5. Jika muncul halaman dengan logo dan tulisan Xampp, maka instalasi berjalan sukses.

Beberapa bagian web server XAMPP

  1. htdocs merupakan folder tempat file-file yang akan kita jalankan (sama dengan PhpTriad, sementara untuk Appserv folder bernama: www). Folder berada dilokasi instalasi Xampp secara default berada di C:\ Program Files\xampp\htdocs.
  2. phpMyAdmin merupakan bagian pengelolaan database MySQL yang ada di komputer. Sangat memudahkan kita, karena dapat mengelola databse secara web base, sehingga tidak terlalu dipusingkan dengan syntax SQL. Untuk membukanya masuk ke http://localhost/phpmyadmin
  3. control panel Xampp, merupakan halaman pengelolaan service yang ada di Xampp seperti menghentikan (stop) atau memulai (start) layanan. Jika control panel ini dijalankan dan kemudian di close (tdk dimatikan), maka akan ada tombol Xampp di kanan bawah layar (system tray), ini menandakan layanan Xampp masih bekerja.
  4. Mengaktifkan control panel. pada OS Windows, klik pada menu start (pojok kiri bawah), lalu pilih Program Files – Apache Friends – XAMPP = XAMPP control panel.

D3-TKJ

info D3-TKJ

datar peserta Diklat JArdiknas

Untuk melihat daftar peserta silakan klik disini

contoh hyperlink

link ke kotatahu.com

Kebiasaan Belajar Yang Baik

 gambar-artikelphp.jpg
ditulis oleh: Lianneke Gunawan dari berbagai sumber
Banyak guru pada umumnya memberi tip untuk murid bagaimana cara belajar yang baik. Namun untuk menanamkan dan mengembangkan belajar sebagai kebiasaan yang baik sangatlah sulit. Guru tidak bisa selalu memaksa murid untuk menjadikan belajar  sebagai kebiasaan yang harus mereka lakukan sehari-hari. Apalagi bila murid sudah ada di rumah mereka. Continue reading 

Istilah Guru

gambar-artikelphp.gif
Guru (dari bahasa Sansekerta गुरू guru yang juga berarti guru, tetapi artinyaharafiahnya adalah “berat”) adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Continue reading 

Internet dan Pendidikan

Indonesia terdiri dari 17,000 lebih pulau dan kira-kira ada 300 bahasa daerah yang masih digunakan. Krisis Ekonomi & Korupsi (Krisis Kepercayaan) sekarang semakin menunjukkan betapa pentingnya suatu komunikasi baik secara lokal maupun global. Komputer dan Internet sudah diterima sebagai alat yang penting untuk komunikasi dan bisnis di Indonesia, sehingga sekarang menjadi hal yang penting pula untuk pendidikan Indonesia yang sedang mengalami reformasi.Continue reading 

KEMAMPUAN MENGAJAR GURU:

 KEMAMPUAN MENGAJAR GURU:
Teori , Strategi dan Perkaedahan Dalam Pendidikan Komputer.
1.0 Pendahuluan
Teknologi maklumat telah mengubah cara manusia bekerja. Hjetland(1995) menyatakan bahawa “Technology can make our lives easier. Everyday tasks are simplified”. Beliau juga menyatakan bagaimana teknologi dapat mempermudahkan tugas serta meningkatkan prestasi guru seperti penggunaan teknologi untuk kerja-kerja pengurusan dan kerja-kerja pengajaran pembelajaran. K-Ekonomi merupakan isu utama yang disarankan oleh Perdana Menteri kita, maka seharusnya pengetahuan tentang teknologi maklumat adalah penting bagi guru-guru dalam membentuk generasi yang akan datang. Winston Churcil menyatakan ” empayar di masa depan ialah empayar pemikiran dan minda” Untuk mengembangkan pemikiran dan minda pelajar khususnya , pendekatan pengajaran dan pembelajaran teknologi maklumat di sekolah perlu digubah kepada pemikiran penyelidikan ,mengunpul maklumat , menganalisis data ke arah menggalakkan kreativiti dan motivasi pelajar. Pendekatan pengajaran secara tradisional secara sogokan nota-nota seharusnya di kikis dari pemikiran guru tetapi diubah dengan membekalkan pengetahuan dan kemahiran ke arah mendapatkan maklumat. 
Continue reading 

Selamat datang di Blog saya

Sangat menyenangkan memiliki sebuah media untuk mengekspresikan diri. Dalam blog ini saya akan menceritakan beberapa informasi mengenai TIK dan pengalaman-pengalaman saya dalam mempelajari TIK.
  1. Internet
  2. Web Disain
  3. Pemrograman
Selamat membaca artikel-artikel saya Continue reading